Setelah Anda mengirimkan Press Release SEO, Anda harus memantau hasilnya dan melakukan analisis untuk melihat efektivitas strategi Anda. Ada beberapa cara untuk melakukan monitoring dan analisis:
1. Melihat jumlah pengecualian dan tingkat keterlibatan (engagement rate) dari konten Anda. Dengan melihat angka ini, Anda bisa melihat seberapa banyak orang yang membaca Press Release Anda dan seberapa banyak yang terlibat dengan konten Anda.
2. Melacak jumlah klik dan tautan yang terkait dengan Press Release Anda. Ini bisa memberi Anda ide tentang seberapa banyak orang yang tertarik dengan konten Anda dan seberapa efektif Press Release Anda dalam mengarahkan orang ke situs web Anda.
3. Menganalisis media yang menerbitkan konten Anda. Dengan menganalisis media yang menerbitkan konten Anda, Anda dapat mengidentifikasi media mana yang paling efektif dalam mempromosikan bisnis Anda dan menargetkan strategi Anda pada media-media itu.
4. Melakukan survei atau riset pasar tentang efektivitas kamu. Dengan melakukan survei, Anda dapat memperoleh umpan balik dari audiens atau konsumen Anda untuk membantu Anda memahami seberapa efektif strategi Anda dalam mencapai tujuan Anda.
Dari hasil analisis dan monitoring, Anda dapat menentukan apakah perlu melakukan penyesuaian pada strategi Press Release SEO Anda untuk meningkatkan efektivitasnya. Setelah Anda menetapkan perubahan, Anda dapat mengikuti siklus ini lagi untuk melihat apakah strategi baru Anda lebih efektif.