Dalam konsep branding, terdapat dua hal penting yang harus dipahami yaitu brand identity dan brand image. Keduanya seringkali disamakan, padahal memiliki perbedaan yang signifikan.
Brand identity merupakan citra perusahaan yang ditetapkan secara internal. Hal ini meliputi nilai-nilai, misi, dan visi perusahaan. Brand identity juga mencakup elemen desain seperti logo, warna perusahaan, dan tipografi, serta komunikasi yang dihasilkan dalam bentuk slogan dan pesan lainnya.
Sementara itu, brand image adalah citra perusahaan yang diterima oleh konsumen. Citra ini dibentuk dari persepsi dan pengalaman konsumen terhadap produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan. Brand image juga dipengaruhi oleh interaksi dengan karyawan perusahaan dan aktivitas perusahaan di luar produk atau layanan yang diberikan.
Penting bagi perusahaan untuk memahami perbedaan antara brand identity dan brand image. Dengan memastikan visi dan nilai perusahaan terintegrasi dengan baik dengan aktivitas bisnis dan praktik pemasaran, mereka dapat memperkuat identitas brand mereka dan membangun citra yang positif di mata konsumen.
Anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara meningkatkan brand Anda, langsung hubungi team Brandup.id atau bisa langsung melalui Whatsapp di 085100431026 .