Brand advocacy adalah aset berharga dalam dunia pemasaran. Konsumen yang menjadi advokat brand dapat membantu membangun citra positif dan memengaruhi keputusan pembelian orang lain. Namun, bagaimana Anda mengukur kesuksesan brand advocacy? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi metrik dan KPI (Key Performance Indicators) yang penting untuk mengukur efektivitas brand advocacy, serta bagaimana BrandUp dapat membantu Anda dalam proses ini.
NPS adalah ukuran yang mengukur tingkat kepuasan konsumen dan sejauh mana mereka akan merekomendasikan brand Anda kepada orang lain. Konsumen diberi skor berdasarkan pertanyaan “Sejauh mana Anda akan merekomendasikan brand ini kepada teman atau kolega?” Metrik ini dapat memberikan gambaran yang kuat tentang sejauh mana Anda memiliki advokat brand di antara pelanggan Anda.
Melacak jumlah ulasan positif di situs web Anda, platform ulasan seperti Google Reviews, atau di media sosial adalah metrik penting. Ulasan positif adalah tanda konkrit dari kepuasan konsumen dan brand advocacy.
Jumlah pengikut media sosial Anda dan laju pertumbuhannya adalah indikator kuat untuk mengukur sejauh mana konsumen tertarik dengan brand Anda. Pengikut yang aktif di media sosial cenderung lebih berkontribusi sebagai advokat brand.
Keterlibatan mencakup jumlah like, komentar, dan berbagi pada konten brand Anda di media sosial. Semakin tinggi tingkat keterlibatan, semakin besar dampak brand advocacy Anda.
Melacak berapa banyak advokat yang menghasilkan konversi (misalnya, pembelian produk) adalah KPI yang penting. Ini membantu Anda memahami dampak positif dari brand advocacy pada hasil bisnis Anda.
KPI media sosial meliputi tingkat pertumbuhan pengikut, tingkat keterlibatan, dan sejauh mana konten yang dibagikan oleh advokat brand mencapai jangkauan yang luas.
Mengukur tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen yang berkontribusi sebagai advokat brand. KPI ini melibatkan tingkat retensi dan berapa lama mereka tetap menjadi pelanggan.
Selalu pertimbangkan ROI dari upaya brand advocacy Anda. Apakah upaya ini menghasilkan keuntungan yang lebih besar daripada biaya yang Anda keluarkan?
Ingin mengukur dan meningkatkan brand advocacy Anda? Temukan solusinya di BrandUp sekarang!
Kunjungi situs web BrandUp untuk mendapatkan wawasan dan alat yang dapat membantu Anda mengoptimalkan brand advocacy Anda dan mencapai kesuksesan lebih besar dalam pemasaran dan bisnis Anda.